ASI Eksklusif Tekan Kematian Balita Akibat Diare dan Pneumonia

Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia Angela Kearney mengatakan, pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif dapat menekan angka kematian balita yang disebabkan diare dan pneumonia.

“Pemberian ASI eksklusif dapat mencegah penyakit seperti diare dan pneumonia yang 40 persen menjadi penyebab kematian balita di Indonesia,” kata Kearney dalam memperingati 20 tahun Pekan ASI sedunia, Rabu.

Menurut dia, kebijakan nasional yang kuat untuk mendorong para ibu menyusui dan meningkatkan gizi keluarga, dapat mencegah kematian sekitar 20.000 anak balita di Indonesia setiap tahun.

Namun fenomena di lapangan, tingkat pemberian ASI eksklusif dalam enam bulan pertama seorang bayi, berangsur-angsur menurun di Indonesia dari 40 persen pada 2002 dan 32 persen pada 2007.

Berkaitan dengan hal tersebut, upaya pemerintah Indonesia meningkatkan angka ibu menyusui, termasuk peraturan kesehatan baru yang melarang promosi pengganti ASI dan telah diformalkannya hak perempuan untuk menyusui dinilai sebagai langkah maju dan progresif.

“Pemerintah Indonesia juga memainkan peran utama dalam inisiatif “Global Scaling Up Nutrition” atau peningkatan gizi global,” katanya.

Dalam hal ini, lanjut dia, pemerintah telah berfokus pada peningkatan alokasi keuangan, kebijakan yang lebih terkoordinasi dan memperkuat keahlian teknis untuk meningkatkan gizi anak bersama dengan mitra internasional di antaranya Uni Eropa dan Bank Dunia.

Menurut dia, peran serta semua pihak dalam menyosialisasikan dan mendorong setiap ibu yang telah melahirkan untuk menyusui secara eksklusif, sangatlah penting.

“Karena itu, semua profesional kesehatan, pekerja komunitas dan pemimpin harus mempromosikan, mendukung dan melindungi pemberian ASI eksklusif dan gizi yang baik dalam komunitas mereka,” katanya.
ABD


Artikel lainnya:
Kenali 7 Imunisasi Tambahan


Perlu Anda Ketahui:
Kelompok yang berisiko tinggi terinfeksi Pneumokokus adalah bayi di bawah dua tahun, yang tidak atau hanya sebentar mendapat ASI, tinggal di hunian padat, terpapar polusi atau asap rokok, sering mendapat antibiotik (sehingga bakteri menjadi resisten), kurang gizi, dan tidak diimunisasi.
Profesor Soetjiningsih, guru besar di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Next Prev home