Tips Memilih nama Bayi

Memilih nama bayi selain merupakan acara yang menyenangkan kadang juga membuat anda dan pasangan bingung. Karena memilih nama bayi anda adalah hadiah pertama yang anda berikan bagi bayi anda, dan nama bayi akan selamanya digunakan oleh anak anda kelak. sehingga memang benar bila proses mencari nama bayi buat calon bayi anda jangan hanya sembarangan dan asal pilih saja.
  1. Bagi calon orang tua, luangkan waktu khusus untuk merangkai nama terbaik untuk bayi Anda.
  2. Pertimbangkan untuk pemilihan nama yang menunjukkan jenis kelamin yang jelas.
  3. Serasi dan indah di dengar apabila dikombinasikan dengan nama keluarga/fam.
  4. Mengandung arti yang positif, jangan memberi nama yang mengandung arti buruk.
  5. Anda harus ingat bahwa nama yang Anda berikan untuk bayi Anda akan disandangnya seumur hidup. Hindari memberikan nama-nama yang terdengar indah tetapi nantinya ketika anak Anda dewasa nama tersebut terdengar lucu bagi orang-orang disekitarnya.
  6. Memilih nama yang unik yang tetap indah didengar dan mudah diucapkan. Anda dapat memilih nama bayi seperti kombinasi nama Anda dan pasangan, atau seperti nama orang yang Anda sayangi, karakter mitologis, ataupun ikon sejarah, atau nama yang berdasarkan atribut fisik bayi Anda seperti warna mata atau rambutnya.
  7. Apabila akan memberi nama bayi Anda dengan nama salah seorang sanak keluarganya, atau bahkan figur religius,nama pahlawan, atau tokoh olah raga favoritnya. Jika nama tersebut tidak cocok menjadi nama depan bayi Anda, mungkin Anda dapat menjadikannya nama tengahbayi.
  8. Pilihlah nama panggilan sehari-hari yang mudah diucapkan.
  9. Jangan menghilangkan kebahagiaan tersebut hanya karena Anda dan pasangan berselisih pendapat mengenai nama apa yang baik bagi sang bayi. Buatlah daftar nama dan pilihlah salah satunya.
  10. Libatkan keluarga saat memilih nama bayi, yang dapat diterima oleh orang-orang sekitar Anda.
  11. Jangan memberi nama yang terlalu panjang atau terlalu pendek. Nama depan anak yang terlalu panjang akan membawa ketidak seimbangan dengan nama akhir yang pendek, begitu juga sebaliknya.
  12. Jika huruf awal nama akhir bayi anda dimulai dengan konsonan, sebaiknya anda memilih nama awal bayi Anda yang diakhiri dengan huruf vokal, demikian juga sebaliknya.
  13. Jika nama buah hati sudah terpilih, coba bisikkan nama tersebut perlahan-lahan, kemudian teriakkan nama tersebut keras-keras. Apakah nama tersebut cocok dengan nama tengah atau nama akhirnya, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah nama tersebut cocok bagi buah hati Anda kelak atau tidak.
  14. Beberapa orang tua sangat menyukai nama-nama yang bersifat modern, bahkan dengan ejaan yang sulit. Sayangnya, hal itu tidak selalu bagus untuk si Anak nantinya. Tentunya Anda tidak ingin memperbaiki ejaan setiap kali orang-orang di sekitar Anda salah memanggil atau menyebutkan si anak, bukan?

Next Prev home