8 Cara Agar Tidak Keracunan Makanan

Kasus keracunan makanan bisa terjadi pada siapa saja. Supaya tidak keracunan, sejumlah cara harus dilakukan.

Contoh paling mudah menurut DR. Dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB adalah memasak makanan dengan baik agar bakteri bisa mati. Juga diupayakan agar makanan tidak terlalu lama berada pada suhu kamar.

Selain itu, ada beberapa tindakan lainnya yang dapat dilakukan guna mencegah bakteri berbahaya tumbuh pada makanan.

  1. Memasak makanan dengan suhu yang cukup tinggi agar dapat membunuh bakteri berbahaya.
  2. Mencegah kontaminasi silang melalui peralatan dapur. Penggunaan pisau misalnya, harus dipisahkan. Pisau yang dipakai mengiris daging mentah atau makanan laut jangan digunakan bersamaan untuk memotong makanan yang sudah matang.
  3. Selalu menjaga kebersihan tempat yang dipakai saat mempersiapkan makanan.
  4. Cegah makanan yang sudah masak tercemar dengan daging dan makanan laut mentah.
  5. Jaga agar makanan hangat tetap hangat, dan makanan dingin tetap dingin. Makanan hangat sebaiknya dijaga pada suhu di atas 65 derajat Celcius dan panaskan makanan untuk disajikan pada suhu di atas 85 derajat Celcius.
  6. Taruh makanan pada kulkas dengan pengaturan suhu yang tepat. Jika makanan terlalu lama berada pada suhu kamar, ada kemungkinan makanan tersebut sudah tidak aman untuk dimakan
  7. Jangan melelehkan (defrost) makanan pada suhu kamar. Lakukan defrost di lemari pendingin, air keran yang mengalir, atau dengan menggunakan microwave.
  8. Produk makanan dan minuman kemasan hendaknya ditaruh sesuai dengan ketentuan yang ada pada kemasan. Ada yang bisa disimpan pada suhu kamar, di lemari pendingin dengan suhu 2-8 derajat Celcius, atau lemari pembeku (freezer).
sehatnews.com

Artikel lainnya:

Next Prev home