Uniknya Pola Sidik Jari Manusia

Setiap manusia di dunia pasti mempunyai pola sidik jari yang berbeda, meskipun anak kembar identik pun memiliki pola sidik jari yang berbeda juga. Sidik jari manusia bersifat permanen dan tidak pernah berubah sampai kapanpun, kecuali karena kondisi tertentu seperti kecelakaan sehingga merusak pola sidik jari.

Karena keunikan dari pola sidik jari tersebut, kepolisian di semua negara memakai sidik jari dalam penyidikan beberapa kasus kejahatan (forensik). Dermatoglyphics dan Daktiloskopi adalah ilmu yang mempelajari sidik jari.

Pola Sidik Jari Wald Disney
(Sumber Ilustrasi: webofdeception.com)
Uniknya lagi dari hasil penelitian, setiap pola sidik jari yang dimiliki seseorang, dapat dijadikan panduan untuk mengenal potensi dan karakteristik orang tersebut, sehingga kita bisa menstimulasi dan memaksimalkan potensi kita, termasuk untuk mengenal talenta yang Tuhan berikan dan jenis pekerjaan apa yang sesuai dengan karakter kita.

Pola sidik jari dapat dilihat dengan jelas menggunakan cara tinta stempel, dilihat dengan lensa pembesar atau bisa menggunakan sebuah scaner khusus sidik jari yang dihubungkan ke sebuah komputer seperti yang digunakan oleh Unique Fingerprint Analysis. Dari pola yang didapat akan dianalisa dengan mengukur dan menghitung secara manual dan dengan bantuan software khusus.

Pola dasar sidik jari, terdiri dari tiga macam:
Dari ketiga pola sidik jari tersebut, masing-masing akan ada turunannya, misal: Whorl: Concentric Whorl, Press Whorl, Spiral Whorl, Composite Whorl, Double Loop, dll.




Artikel yang berhubungan:

Sejarah Berkembangnya Ilmu Dermatoglyphics
Gali Potensi Lewat Analisa Sidik Jari

Next Prev home