Dampak Negatif dari Kecanduan Teknologi

Teknologi saat ini memang sudah sangat maju. Sebagai orang tua yang sudah mengenal teknologi dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak langsung akan menularkan anak-anak kita untuk mengenal teknologi masa kini, misalnya internet dan smartphone. Dan memang sudah sewajarnya para orang tua memperkenalkan anak mereka dengan perkembangan teknologi. Hal ini bertujuan agar anak tidak ketinggalan dengan perkembangan jaman yang terjadi disekitarnya. Namun hal tersebut membawa dampak tersendiri terhadap perkembangan anak, baik positif maupun negatif. Selain membuat anak melek perkembangan, teknologi juga dapat menyebabkan kecanduan.
Teknologi yang diciptakan dengan tujuan mempermudah kehidupan manusia sesungguhnya juga membawa serangkaian bahaya yang perlu dihindari. Khususnya pada anak-anak, pengenalan gadget kepada anak-anak sejak usia dini tanpa pengawasan orang tua dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan juga dapat mempengaruhi tumbuh kembang sang anak.

Dampak negatif dari kecanduan teknologi
Dampak-dampak negatif yang timbul akibat kecanduan teknologi: Sulit konsentrasi pada dunia nyata Rasa kecanduan atau adiksi pada gadget akan membuat anak mudah bosan, gelisah dan marah ketika dia dipisahkan dengan gadget kesukaannya. Ketika anak merasa nyaman bermain dengan gadget kesukaannya, dia akan lebih asik dan senang menyendiri memainkan gadget tersebut. Akibatnya, anak akan mengalami kesulitan beriteraksi dengan dunia nyata, berteman dan bermain dengan teman sebaya.

Terganggunya fungsi PFC
Kecanduan teknologi selanjutnya dapat mempengaruhi perkembangan otak anak. PFC atau Pre Frontal Cortex adalah bagian didalam otak yang mengotrol emosi, kontrol diri, tanggung jawab, pengambilan keputusan dan nilai-nilai moral lainnya. Anak yang kecanduan teknologi seperti games online, otaknya akan memproduksi hormon dopamine secara berlebihan yang mengakibatkan fungsi PFC terganggu.

Introvert
Ketergantungan terhadap gadget pada anak-anak membuat mereka menganggap bahwa gadget itu adalah segala-galanya bagi mereka. Mereka akan galau dan gelisah jika dipisahkan dengan gadget tersebut. Sebagian besar waktu mereka habis untuk bermain dengan gadget. Akibatnya, tidak hanya kurangnya kedekatan antara orang tua dan anak, anak juga cenderung menjadi introvert.

Posted by Erin





Artikel yang Berhubungan:
Pengaruh Negatif dan Aturan Penggunaan Gadget Pada Anak
Gadget Sebagai Jawaban Orang Tua Pada Anak
Barang-barang Teknologi yang Dapat Menyebabkan Kecanduan
Ingin Anak Cerdas? Hentikan Membiasakannya Nonton Televisi
Era Layar Bahayakan Mata dan Jiwa Anak
Stop Tayangan Televisi yang Tidak Mendidik

Next Prev home