10 Langkah memulai karir dari awal lagi

Januari adalah bulan yang cocok bagi Anda yang ingin mengawali kembali karir di bidang yang berbeda. Jika Anda memang berniat memulai karir dari awal lagi, simak tipsnya seperti yang dilansir dari US News berikut ini.

Melebarkan sudut pandang
Buatlah daftar proyek, pencapaian, dan tantangan yang Anda dapatkan pada tahun 2012. Kemudian, lebarkan sudut pandang Anda layaknya jurnalis dan mulai berteori, kenapa hal ini penting atau sesuatu seperti apa yang akan menjadi tren.

Berhenti menyesal
Tidak perlu menoleh ke belakang dan menyesali tentang hal-hal yang sebaiknya Anda kerjakan namun Anda mengabaikannya. Berhentilah menyesal dan persiapkan diri untuk mengawali karir di tahun yang baru.

Bermimpi
"Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu," demikian tulis Andrea Hirata dalam novel Sang Pemimpi. Pernyataan itu memang benar, asal Anda semakin termotivasi untuk meniti karir karena punya mimpi yang besar.

Membuat target setiap hari
Cobalah membuat daftar target yang harus dipenuhi setiap hari. Misalnya, hari pertama Anda harus bisa bangun jam lima pagi. Kemudian hari kedua, bangun jam lima pagi dan lari keliling komplek. Target kecil yang selalu dipenuhi akan membuat Anda terbiasa saat mengejar tujuan yang lebih tinggi.

Bangga
Anda patut bangga jika ingin memulai karir yang berbeda dari awal. Sebab tidak semua orang mampu melakukannya. Namun jangan sampai lupa diri dan lalai dari tujuan awal memulai karir kembali.

Menjaga kesehatan
Meskipun Anda berniat mengubah profesi, usaha, atau jenis pekerjaan yang ditekuni dengan penuh semangat, jangan lupakan kesehatan diri sendiri. Sebab seluruh pencapaian pasti akan sia-sia jika pada akhirnya Anda malah jatuh sakit.

Membantu orang lain
Jangan ragu membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Sebab Anda akan merasakan manfaatnya kelak. Membantu banyak orang artinya memperlebar jaringan, sementara memperlebar jaringan artinya adalah memperbesar kesempatan peningkatan karir.

Proses dan hasil akhir
Anda pasti punya tujuan dalam karir impian yang dimulai dari awal lagi. Namun jangan terlalu fokus pada hasil akhir. Sebaiknya perhatikan juga proses dari pencapaian karir Anda. Jika prosesnya baik, hasilnya biasanya juga akan baik.

Mau belajar
Terjun ke dalam hal baru identik dengan pengalaman yang kurang. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, asalkan Anda memiliki kemauan keras untuk belajar. Membangun kepercayaan diri juga penting sebagai salah satu modal ketika Anda ingin memulai karir dari awal lagi.

Kreatif
Terakhir, Anda tidak perlu melakukan semua nasihat yang Anda dapatkan dari orang-orang sekitar. Sebab tidak seluruhnya bisa Anda terapkan ketika memulai karir kembali. Anda tetap harus kreatif dan tahan banting jika memang ingin sukses.

Itulah berbagai tips bagi Anda yang ingin memulai karir dari awal lagi. Semoga impian dan harapan Anda lekas tercapai!
[riz] sehatnews.com


Artikel lainnya:

Next Prev home