Bayi dan Anak Jadi Perokok Pasif

11,9 Juta Bayi Terpapar Rokok di Rumahnya Sendiri
Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menuturkan 78 persen anak usia antara 8-15 tahun terpapar asap rokok di luar rumah. Kemudian sebanyak 11,9 juta balita terpapar asap rokok di rumah sendiri.

“Ya oleh orang tua, apakah bapaknya, ibunya, saudaranya, yang merokok di rumah,” kata Menteri Nafsiah.

Terpapar asap rokok sejak kecil, selain memperbesar peluang anak itu menjadi perokok juga, juga membuat risiko terkena penyakit-penyakit akibat merokok semakin besar. “Tidak mengherankan kita kesulitan mendapatkan atlet yang mumpuni fisiknya, yang paru-parunya bagus dan berkembang sempurnya,” kata Menteri Nafsiah.

11,4 Juta Anak Usia 0-4 Jadi Perokok Pasif Karena Orang Tuanya
Ada 11,4 juta anak usia 0-4 tahun yang menjadi perokok pasif akibat orang tuanya atau orang disekelilingnya.

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dalam jumpa pers dengan wartawan di Jakarta, Jumat.

Sebatang rokok telah diketahui mengandung lebih dari 4.000 zat racun dimana 60 diantaranya bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

Menkes juga memaparkan biaya yang dikeluarkan untuk penanganan rokok tersebut jauh lebih besar daripada pemasukan melalui cukai rokok, yaitu Rp231,27 triliun dikeluarkan untuk pembelian rokok maupun biaya medis akibat sakit dibandingkan penerimaan cukai yang hanya Rp55 triliun.

“Pada tahun 2010, total pengeluaran untuk rawat inap dan jalan terkait dengan dampak rokok ini mencapai Rp2,11 triliun,” ujar Menkes.

Tiap Tahun Indonesia Habiskan 231 Triliun Rupiah untuk Rokok
Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyebutkan setiap tahun orang Indonesia menghabiskan biaya Rp231 triliun untuk dan karena rokok.

“Sejumlah Rp138 triliun untuk membeli rokok, kemudian ada lagi Rp2,11 triliun untuk biaya pengobatan sakit karena merokok itu,” kata Menteri Nafsiah di Balikpapan, Rabu.

Penyakit akibat merokok tersebut adalah sakit jantung, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker mulut, tekanan darah tinggi, hingga gagal ginjal.

Padahal, katanya, pendapatan negara dari cukai rokok hanya Rp. 55 triliun.

sehatnews.com


Artikel yang berhubungan:
Bayi Tidak Boleh Tidur dengan Perokok
Rokok Berdampak Pada Pendidikan Anak
Cara Efektif untuk Berhenti Merokok
Ayah Perokok Harus Hati-hati Kalau Gendong Anak
Rokok Sumber Penyebab Dari Berbagai Penyakit
Sayang Anak? Berhentilah Merokok!

Next Prev home