Dampak Perlakuan Orang Tua Kepada Anak

Apa yang terjadi pada kita saat ini, lebih banyak ditentukan oleh perlakuan orang tua kita di masa lalu, dan perlakuan kita saat ini kepada anak-anak kita, akan mempengaruhi masa depan kehidupan mereka.

Perlakuan orang tua: Sering mendapat kritikan secara terus menerus, tidak dihargai, tidak dicintai dan tertolak dari orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung menyalahkan diri sendiri, merasa tidak berharga dan selalu merasa tertolak di tengah orang lain.

Perlakuan orang tua: Suka dicemoohnya, dianggap bodoh, dianggap tidak mampu, tidak terampil, malas oleh orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung memiliki rasa percaya diri yang rendah, merasa tidak mampu, selalu salah, korban keadaan,tidak punya bakat, tidak mampu belajar. Baginya semua yang dilakukan merupakan kumpulan kegagalan, bahkan terkadang ia justru melakukan upaya untuk suatu kegagalan.

Perlakuan orang tua: Suka ditekan dan dicemooh saat ia mendahulukan kepentingan pribadinya oleh orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung berkeyakinan bahwa memikirkan diri sendiri adalah jahat dan buruk, ia patuh dan berusaha menyenangkan orang lain, ia merasa bahwa orang lain lebih penting, lebih benar, lebih tahu. Ia cenderung mencari pasangan yang suka mengontrol atau otoriter.

Perlakuan orang tua: Suka ditekan untuk menjadi yang terbaik dan selalu menjadi nomor satu dengan mengorbankan kebahagiaan dan kesenangan oleh orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung menekan dirinya secara berlebihan demi karier, uang, nama baik, kecantikan dan keteraturan dengan mengorbankan kesehatan, kebahagiaan, kesenangan dan hubungan baik dengan orang disekitarnya.

Perlakuan orang tua: Terlalu diperlakukan manja oleh orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung menginginkan sesuatu dengan cepat tanpa peduli situasi dan kondisi di sekitarnya. Ia merasa berhak atas segala yang dia mau, merasa special, minta orang lain patuh dan tunduk kepadanya.

Perlakuan orang tua: Merasa kehilangan, atau merasa ditinggalkan, atau merasa dibuang oleh orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung berusaha baik pada orang yang dikasihi walaupun dia telah meninggalkan dan menyakitinya berulang kali.

Perlakuan orang tua: Terlalu sering dibohongin atau dilecehkan oleh orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung berasumsi bahwa orang lain tidak bisa dipercaya, selalu ingin menyakiti, menipu dan mengambil keuntungan darinya.

Perlakuan orang tua: Sikap over protektif dan otoriter oleh orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung ragu-ragu, bingung dan panik saat membuat keputusan, dia selalu minta pertimbangan atau bahkan hanya mengikuti yang orang lain putuskan.

Perlakuan orang tua: Sikap over protektif oleh orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung ragu-ragu dan takut untuk keluar dari zona nyamannya, dia merasa segala situasi dan kondisi bisa menjadi masalah dan ancaman yang besar baginya.

Perlakuan orang tua: Suasana dingin dan miskin cinta dari orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung menganggap dirinya tidak penting, tidak layak dicintai dan tidak berharga, sehingga ia juga tidak peduli dengan orang lain, dingin, cuek dan berpetualang mencari cinta dan kehangatan.

Perlakuan orang tua: Penilaian buruk atau perlakuan buruk yang menyakitkan dari orang tua dan orang terdekat sewaktu kecil.
Dampak pada anak: Cenderung mengasingkan diri, tertutup dan tidak mau membangun hubungan dengan orang lain. Dia merasa tidak bisa diterima di lingkungan karena perasaan buruk, aneh, tidak selevel atau berbeda.

Terkadang perlakuan buruk yang telah kita terima dari orang tua dimasa lalu, tanpa sadar akan terulang saat kita memperlakukan anak kita. WASPADALAH..!!! Belajar dan berusahalah menjadi orang tua yang baik dan bijaksana buat anak-anak kita.

Lukas Y. Wirawan




Artikel yang Berhubungan:
Kebersamaan Antara Anak dan Orang Tua
Tolong Jangan Katakan Hal Ini Pada Anak Anda
Kiat Menanamkan Disiplin Pada Anak
Mendidik Anak Tanpa Kekerasan
Beberapa Kesalahan yang Kerap Kali Menghancurkan Kepribadian Anak
Awas! Memukul Anak Bisa Bikin Perilakunya Makin Buruk
Menjadikan Anak Taat Kepada Orang Tua Tanpa Menghukum
Memahami Dunia Emosi Anak

Next Prev home