Dasar Motivasi Seseorang Berdasarkan Cara Kerja Otak

Dominan Brain Stem

Jika nilai pengukuran distribusi pola sidik jari lebih besar nilainya pada bagian Brain Stem, kecenderungan perilaku motivasi seseorang akan lebih bersifat dominan pada fungsi psikomotorik Reflektif. Artinya, refleksi diri tindakan Anda terkait dengan cara kerja fungsi psikomotorik Reflektif yang dipengaruhi oleh sistem Brain Steam.

Cara berpikir Anda sangat didominasi oleh sistem keyakinan (belief system) yang kokoh berdasarkan naluri yang sudah tertanam kuat oleh kebiasaan. Jika kebiasaan ini tertanam kokoh, hal itu akan menghasilkan spontanitas dalam bertindak secara Refleks.

Dominan Limbik
Jika nilai pengukuran distribusi pola sidik jari lebih besar nilainya pada bagian Limbik, kecenderungan perilaku motivasi seseorang akan lebih bersifat dominan pada fungsi Afektif meskipun sedikit banyak masih dipengaruhi fungsi psikomotorik Reflektif.

Tindakan Anda sangat dipengaruhi dominasi warna emosi dan perasaan (feeling). Sumber inspirasi motivasi tindakan Anda adalah nilai kenyamanan. Ketika Anda telah merasakan nyaman dengan sesuatu, dorongan emosional Anda baru tergugah untuk bertindak. Dengan demikian, bisa saja orang menilai bahwa Anda adalah orang yang moody dalam mengerjakan sesuatu tindakan yang dipengaruhi oleh perasaan.

Dominan Neokorteks
Jika nilai pengukuran distribusi pola sidik jari lebih besar nilainya pada bagian Neokorteks, kecenderungan perilaku motivasi seseorang akan lebih bersifat dominan pada fungsi Kognitif. Interpretasi landasan motivasi Anda dalam bertindak terkait dengan integrasi fungsi psikomotorik Reflektif, Afektif dan Kognitif secara terintegrasi sempurna yang dipengaruhi sistem kerja otak Neokorteks.

Cara berpikir sangat dipengaruhi oleh berbagai aspek pertimbangan kritis menyangkut pemikiran yang mendorong kearah pemenuhan ego. Ketika Anda sudah mengerjakan sesuatu, targetnya bukan lagi kebutuhan dasar yang sifatnya psikomotorik Reflektif, Afektif semata, melainkan sudah menuju kebutuhan pada level yang lebih tinggi. Hal itu sudah menjadi kebutuhan aktualisasi diri yang didasari dorongan perasaan dan pemikiran yang terintegrasi sempurna dan terjadi secara rektif dan proaktif dalam jangka waktu yang bersamaan yang cenderung menuntut pemenuhan kepentingan pribadi. Oleh karena itu, sumber inspirasi motivasi cara berpikir Anda cenderung bersifat self oriented sehingga bisa saja orang menilai bahwa Anda adalah orang yang memiliki kepentingan dan target yang jelas dalam menjalankan sebuah tujuan.


Artikel yang berhubungan:

Next Prev home