Barang-barang teknologi yang dapat menyebabkan kecanduan

Selain mengetahui dampak negatif dari kecanduan teknologi di atas, orang tua hendaknya memperhatikan dan membatasi penggunaannya untuk anak, benda-benda yang dapat menimbulkan ketergantungan.
Berikut ini adalah benda-benda yang perlu anda waspadai penggunaannya:

Televisi
Televisi sering dipakai sebagai alat pengalih perhatian oleh orang tua terhadap anaknya. Tujuan mereka adalah agar anak mereka tidak menangis ketika ditinggal menyelesaikan pekerjaan rumah atau sembari mengerjakan hal penting lainnya. Akan tetapi hal itu lama kelamaan dapat menyebabkan ketergantungan. Sebaiknya, berikan mainan kepada anak dan biarkan dia bermain-main sesukanya selama dalam jangkauan pengawasan Anda. Aktifitas menonton TV untuk anak sebaiknya selalu dilakukan bersama, dengan begitu Anda dapat memberikan penjelasan tentang hal-hal yang anak Anda lihat di TV.

Video Games
Kecanduan video games bagi anak-anak khususnya anak laki-laki sering kali membuat mereka melupakan kegiatan lain yang harus mereka lakukan. Ketika anak sudah enjoy pada satu hal, mereka cenderung menghabiskan waktu mereka dengan benda tersebut dan mengakibatkan hal lain terbengkalai.

Internet dan Komputer
Anda dapat menemukan apapun pada internet. Selain menyediakan anda dengan segala kemudahan, konten internet pun dapat membahayakan perkembangan anak anda. Fitur sosial network yang bertujuan menghubungkan dua orang yang jauh malah menjauhkan dua orang yang dekat. Hal itu terjadi ketika semua interaksi hanya dilakukan dalam dunia maya. Maka sebaiknya batasi penggunaan internet dan maksimalkan interaksi dengan anak. Selain itu, dampak negative dari internet untuk anak jika orang tua tidak mengawasi penggunaannya adalah jika anak-anak mulai tumbuh dan ingin tahu tentang dunia pornografi, kekerasan. Mereka dapat saja secara sengaja/tidak sengaja terpapar pada hal-hal yang belum tepat pada usianya.

Handphone dan Smartphone
Handphone dan Smartphone juga harus diawasi penggunaannya untuk anak-anak. Saat ini sangat marak penipuan dalam bentuk sms/telephone yang mengatasnamakan undian berhadiah, dll. Anak-anak jaman sekarang pada umumnya sudah dibekali handphone oleh orang tuanya, untuk memudahkan komunikasi mereka. Sebagai orang tua, hendaknya Anda sering berkomunikasi dan memberitahu perihal harus berhati-hati tentang penipuan tersebut.

Selain itu, smartphone yang menyediakan aplikasi internet, jejaring sosial dan games juga harus diawasi penggunaannya terhadap anak-anak. Selain kecanduan terhadap gadget, internet, televisi yang membentuk kepribadiaan anak dan mempengaruhi otaknya, dampak teknologi yang tidak dibatasi penggunaannya terhadap anak-anak, tentu juga signifikan terhadap kesehatan mata mereka. Nah, semoga Anda sebagai orang tua dapat menjadi orang tua yang lebih bijaksana mulai hari ini dan kemudian hari. Demi masa depan anak-anak kita.

Posted by Erin




Artikel yang Berhubungan:
Pengaruh Negatif dan Aturan Penggunaan Gadget Pada Anak
Gadget Sebagai Jawaban Orang Tua Pada Anak
Dampak Negatif Dari Kecanduan Teknologi
Era Layar Bahayakan Mata dan Jiwa Anak
Stop Tayangan Televisi yang Tidak Mendidik
Ingin Anak Cerdas? Hentikan Membiasakannya Nonto Televisi

Next Prev home