Mendorong Perkembangan Otak Anak

Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong perkembangan otak bayi pada setiap tingkat pertumbuhan.

Usia lahir sampai umur 4 bulan
Membaca, membuat wajah-wajah lucu atau aneh, menggelitik badan bayi, menggerakkan benda-benda di depan mata bayi misalnya bola warna cerah, menyanyikan lagu sederhana dengan ungkapan yang diulang-ulang, menceritakan apa saja yang akan Anda dan bayi Anda lakukan.”Bobo yaa, mama buatin susu.”

Umur 4 bulan sampai 6 bulan
Bantu bayi anda memeluk boneka hewan, menumpuk sesuatu (misalnya balok plastik), dan biarkan bayi anda merobohkannya, main musik dengan irama yang berbeda, tunjukkan buku dengan warna-warna yang cerah, biarkan bayi anda meraba benda dengan tekstur yang beda.

Umur 6 bulan sampai 18 bulan
Bicara dan interaksi tata muka untuk meningkatkan hubungan antara bunyi dan kata, tunjuk orang-orang dan benda-benda yang diakrabi dan ulangi nama, menyanyikan lagu dengan ungkapan repetitif dan gerakan tangan, bermain petak umpet.

Umur 18 bulan sampai 24 bulan
Bermain pengenalan sederhana. Misalnya tunjuk mobil warna kuning atau bunga warna merah. Atau letakkan 3 benda di depan anak anda dan katakan kepadanya “Ambilkan saya…” bicara langsung kepada bayi anda sebanyak mungkin; perkenalkan alat tulis kepada anak anda, misalnya krayon, kertas. Tanyakan ‘dimana’ dan ‘apa’ ketika membaca untuk anak. Dorong permainan mandiri dengan mainan favorit.

Umur 24 bulan sampai 36 bulan
Beri pujian dan dorongan jika anak anda melakukan keterampilan motor secara baik. Dorong imjinasi anak dengan mengusulkan cara-cara baru dengan menggunakan mainan, bantu anak memasukkan aktivitas-aktivitas hidup nyata kedalam permainan. Misalnya pura-pura bicara di telepon, menyetir mobil. Jika membaca libatkan anak anda ke dalam cerita dengan mengajukan pertanyaan, menunjuk kata sambil membacakan kepada anak anda. Dorong anak untuk mengenali kata-kata pada halaman buku atau bunyinya.

Umur 3 tahun sampai 5 tahun
Ajarkan berbagi dengan contoh, main permainan papan sederhana untuk menanamkan aturan pembelajaran dan keterampilan, batasi nonton tv / video antara 1 sampai 2 jam sehari. Nonton dengan anak untuk membuatnya interaktif. Sesudah umur anak bertambah, tawarkan pilihan-pilihan sederhana. misal membaca buku atau main puzzle. Batasi menggunakan kata tidak dan dorong eksplorasi dan rasa ingin tahu alamiah. Beri respek dan perhatian pada anak anda dan tunjukkan kesabaran ketika anak anda mencoba menjelaskan pengalaman-pengalaman barunya. Luangkan waktu setiap hari untuk duduk dengan anak Anda dan diskusi apa yang dia kerjakan hari ini. Dorong anak Anda untuk menjelaskan dan menjelajahi pengalaman baru.


Artikel yang berhubungan:

Next Prev home