Tipe Karakteristik Pekerjaan

Tipe Executive
Adalah orang yang bekerja kepada suatu sistem bisnis atau kepada organisasi milik orang lain dengan jenjang karier yang berkesinambungan. Executive digaji berdasarkan waktu dan kemampuan yang dia berikan. Dia menerima gaji rutin bulanan atau periodik dengan jumlah tertentu dari orang lain, perusahaan, organisasi, atau bahkan dari negara. Contoh: salesman, supervisor, manager, presiden direktur perusahaan, PNS.

Inilah jalan keluar sebagian Executive:

  1. Berusaha mendapatkan yang memberikan gaji lebih baik
  2. Berusaha mencari kerja sampingan seperti pemasaran jaringan atau berwirausaha.
  3. Berusaha ikut asuransi yang memiliki manfaat tabungan.

Tipe Self Employed
Termasuk dalam self employed adalah orang-orang yang bekerja mandiri atau lepas. Biasanya mereka adalah seorang profesional yang memiliki keahlian tertentu. Ciri khas dari self employed adalah dia jalankan usahanya sendiri dan pemasukan dia terima sendiri. Tetapi mereka tidak akan mendapatkan penghasilan apabila tidak bekerja.

Contoh : dokter yang praktek di klinik sendiri, pengacara yang membuka biro sendiri, tukang pangkas rambut pinggir jalan, penulis lepas.

Inilah jalan keluar Self-Employee

  1. Berusaha mendapatkan orderan yang memberikan penghasilan lebih baik
  2. Berusaha mencari kerja sampingan atau berprestasi semakin baik,seperti program bisnis pemasaran jaringan
  3. Berusaha ikut asuransi yang memiliki manfaat tabungan.

Tipe Business Owner
Bisnis owner memperoleh pendapatan dari sistem yang dia buat. Toko dibuat dengan suatu sistem sehingga bisa berjalan sendiri, ada kasir, ada bagian logistik, ada supervisor, ada cleaning sercive, dan sebagainya yang diatur dan dibuat sistem. Ciri khas dari bisnis owner adalah bekerja tidak terikat waktu, dan penghasilan tidak berbanding lurus dengan waktu kerja yang di pergunakan.

Contoh : pemilik warnet, kalau sudah berjalan baik maka warnet itu tetap memberikan pemasukan buat si bisnis owner, pemilik toko,pemilik pabrik,pemilik perusahaan,dan sebagainya.
 
Inilah jalan keluar sebagian Business Owner

  1. Berusahan mendapatkan bisnis yang benar-benar potensial dan berprospek cerah di masa akan datang
  2. Berusaha mencari karyawan yang kompeten
  3. Berusaha mengasuransikan bisnisnya
Tipe Investor
Investor adalah orang yang memperolah pendapatan dari dananya yang diputar. Seorang investor bisa tidak bekerja sama sekali, dan uangnya yang bekerja untuk dia. Besar kecil pemasukan seorang investor ditentukan oleh pengetahuan dan keahlian dia dalam mengelola dan mendayagunakan dana yang dimilikinya.

Contoh : investasi property untuk disewakan, membeli saham dengan return yang tinggi untuk dia, investasi membuka warung bakso yang dikelola oleh teman, membeli franchise, membeli mobil untuk direntalkan. 

 
Inilah jalan keluar sebagian Investor

  1. Berusaha mempelajari tawaran investasi yang ada agar tidak dibohongi
  2. Berusaha menetapkan teori portofolio sebaik-baiknya
  3. Menginvestasikan lebih banyak


Bisa saja satu orang berdiri di dua atau lebih quadrant. Contohnya seorang pegawai bank (executive), invest uang disaham (investor), dan dia membuka toko handphone di suatu mall (bisnis owner dan investor). Itu lebih baik.

Next Prev home